Jumat, 07 Juni 2013

SENYUMANMU DI DALAM GAMBARKU


Setiap weekend ane sering ketaman ato tempat yg bagus lainnya untuk menggambar.
Ane mencari tempat duduk untuk menggambar sesuatu, ane melihat tempat duduk ato bangku yg dekat dgn pohon yg rindang...
Ane langsung duduk di bangku itu dan ternyata di bangku itu ada seorang cewek yg asik dgn bukunya sambil mendengarkan musik dari hp nya.
Ane gak menghiraukannya dan langsung menggambar pemandangan di taman itu karna ane sukak dgn menggambar ato melukis yah karna itu adalah hobbi ane hehehehehe...
Ane terkejut saat cewek itu melihat ane lagi menggambar, tanpa sadar ane mencoret gambar itu..
Cewek itu meminta maaf ke ane karna ndk segaja mengejutkan ane yg lagi kosentrasi dgn gambar ane..
Dia: maaf yah aku ngak sengaja mengganggu...
Ane:ohhh, ndk apa2,...
Dia:kamu sukak melukis yah...?
Ane:ii,iya aku sukak sekali menggambar karna itulah hobbi aku dari kecil..
Dia:ooh,gambar kamu bagus sekali. :)
Ane: ahh masak iya, ini jelek kok.
Dia:nama aku nabilah, nama kamu siapa..,?
Ane:nama aku irfan..
Dia:oohh..aku pergi dulu yah soalnya udh sorean nih..
Ane: hahaha iya hati2 dijalanyah..!
Dia:iya sampai bertemu lagi yah
(dgn senyuman yg sangat indah dia pergi)
Ane pun segera membereskan barang2 dan segera pulang.
Esokkan harinya...
Ane kan baru pindah ke jakarta jd ane jugak pindah sekolah (ndk mungkin ndk pindah)
Ane sekarang kelas 10 sma..
Ane pergi dari rumah dan tak lupa dgn salam orang tua yg memberikan uang..
*heheh padahal berharap lebih uangnya*
Karna ndk jauh dgn rumah ane, ane pun sampai jugak ke sekolah..
Karna murid baru jadi ane mengkomfirmasi dulu ke ruang guru...
Ane pun dibawak ke kelas X.4
Waktu ane masuk ke kelas ane gugup sekali karna ane ndk kenal dgn orang disini, maklum karna dulunya ane bukan dari jakarta..
Ane pun memperkenalkan diri..
Nama saya irfan maulana.
Panggil saja saya irfan..salam kenal untuk semuanya..
Sesudah ane memperkenlkan diri, ane pun mencari tempat duduk..
Karna ane sukak menyendiri ane lebih sukak di belakang..
Ane duduk dan langsung mengeluarkan buku gambar ane, karna belum bel berbunyi makanya ane menggambar.....
Tanpa ane menyadari ada seseorang yg dtang ketempat ane,dan dia memukul bahu ane, pas ane lihat tak lain dan tak bukan rupanya cewek yg kemaren ane lihat di taman...
Dia: hey, kita ketemu lagi,
Rupanya kamu baru disini yah...!
Ane:heheheh iya aku baru pindah. Ikutin orang tua kerja...
Dia:oh, iya kemaren ngak sempat kenalan lebih dekat, namaku nabilah ratna ayu azalia,panggil aja aku nabilah..
Ane: ii,iya salam kenal(raut wajah tersipu malu)
Dia:kamu ngegambar lagi yah..!
Ane:iya, karna ndk ada kerjaan makanya aku ngegambar..
Dia:aku boleh duduk disebelah kamu gak..?
Karna disebelah situ tempat biasanya aku duduk..
Ane:oooh boleh sekali
Dia:makasih :D
*dgn senyuman yg mempesona*
Ane sempat gugup karna selama ini ndk pernah ada yg mau duduk disebelah ane tapi yah sudahlah.(kata bang h.roma)*hiraukan*
Bel pun berbunyi pertanda jam pertama segera dimulai...
Dan tak terasa sudah bel istirahat..
Orang2 pun berlari ke kantin untuk sekedar makan ato berbincang.(seperti semut mintak makan)
Nabilah:fan, kamu ndk kekantin.?
Ane:aku di kelas aja karna aku mau nyelesaikan gambar aku.kamu aja yg ke kantin..
Nabilah:yap, aku duluan yah..
Ane pun melanjutkan gambar yg tadi belum selesai.
Ane pun di tegur sama teman sekelas..
Rijal:heiiii, lu masih aja ngelukis apa ndk bosan..?
Ane:ahhh,ini sudah hobbi aku.
Rijal:upps ampir lupa,nama gue rijal al saleh panggil aja gue ijal..
Ane: iya...(ijal=indk jaleh, namanya kek gitu kek mana orangnya)
Rijal:lu kalo disini, bahasanya agak disamain dong,..!
Ane:maksudnya..?*bingung*
Rijal:maksud gue kalo lu sebut nama lu jangan pake namanya aku,tapi gue dan jugak lu...paham ngk..!?
Ane: hehehe gue ngerti kok..
Rijal:haaa gitu dong kan jadi enak gaulnye..
Hahahahaha
Satu per satu ane pun menggenal temen sekelas...
Bel masuk pun berbunyi dan pelajaran selanjutnya pun dimulai, kebiasaan ane kalo pelajaran yg ndk ane sukak yah pasti tidur..
Karna pelajarannya IPS,ips itu bnyak mendongeng masa lalu.
saat ane tidur nabilah pun memukul bahu aku karna pelajaran udah selesai..
Nabilah:kok kamu tidur sih,.?*dengan raut wajah yg agak marah*
Ane:ehh gue malas dengerin dongeng ips tu..
Nabilah:kok kamu gitu sih..
Kamu kok pake gue..?
Ane:eh, apa salah aku pake gue,..!
Kata si ijal kalo mau agak bergaul disini pake gue..
Nabilah:memang ndk apa2 sih tapi, aku lebih sukak kamu tu seperti biasanya karna mempunyai karakter sendiri gak seperti yg lain..:)*sambil tersenyum*
Ane:maaf kalo begitu aku makeknya sama kawan yg lain aja..
Nabilah: (dia hanya tersenyum..)
Bel pulang pun tiba, ane pun bergegas pulang..
Sesampai ane diparkiran ane pun menstarter motor ane...
Saat ane menuju rumah..
Ane melihat nabilah jalan sendiri, ane pun menegur dia
Ane:hey, nabilah kok jalan sendiri.emangnya rumah kamu dekat mana..?
Nabilah:emmmm, rumah aku di komplek taman karya..
Ane:aku antarin pulang yuk, itukan beberapa blok dekat rumah aku..!
Nabilah:emangnya boleh?
Ane:ndk apa2 kok, sambil lihat rumah kamu.
Nabilah pun naik ke motor ane.
Duk...duk..duk..
Suara detak jantung ane yg gugup saat mengonceng nabilah..
"Aduh tanganku gemetaran pulak lagi" sambil berkata dalam batin ane..
Sampai jugak dirumah nabilah
Ane terkejut rupanya rumah dia cukup besar dan cantik.
Nabilah:makasih yah udh ngantarin aku pulang..
Ane:ii,iya sama2.aku pulang dulu yah sampai jumpa bsok.
*sambil wajah yg memerah*
Nabilah:(dia hanya melihat aku sambil terseyum manis)
Ane pun pergi..
Sesampai dirumah,ane pun melempar tas dan membantingkan diri ke atas kasur..
"Haaaa hari ini sangat panjang sekali...
Ndk aku duga cewek yg aku temui di taman kota rupanya jadi temen aku"ucap ane di dalam batin
"Senyumannya itu membuat hatiku menjadi hangat,beberapa kali dia tersenyum padaku itu membuat jantungku berdetak kencang..."ujarku dalam batin lagi
Malam pun tiba.
Tak terasa bsok udah kembali sekolah.
Azan pun membangunkanku tak lupa ane langsung mengambil air wudhu dan segera sholat.
Selesai kegiatan pagi dirumah. ane pun bersiap-siap berangkat sekolah...
Dan sesaat sampai jugak di sekolah..
Waktu dikelas ane bertemu dgn nabilah yg asik dgn berbincang dgn temen ceweknya(kebiasaan anak cewek kalo udh ngumpul pasti merumpi)
Ane:pagi nabilah...
(dgn semangat yg agak gagap)...

Di mohon untuk komen supaya tau mana yg salah ato kurang jelas alur ceritanya...
Waktu dikelas ane bertemu dgn nabilah yg asik dgn berbincang dgn temen ceweknya(kebiasaan anak cewek kalo udh ngumpul pasti merumpi)
Ane: pagi nabilah...
(dgn semangat yg agak gagap)...
Nabilah:pagi jugak.... :D
(dgn seyumannya yg membuat hatiku terasa nyaman)
Ane pun sedikit berbincang dgn kawan ane sekelas (karna ndk mungkin ane menyendiri)
Ane: jal....
Lu tau gak,..siapa pacarnya si nabilah..?
Rijal: gue gak tau persis sih tapi, nabilah itu blum ada cwoknya lg, masih mbloo..
Emangnya lu narsis sama dia..?
Ane: ehh gak gue cuman nanyak doang...
Rijal: temen gue sekarang mengincar seorang cewek nih yehhhh..hahahahaha
Ane: apa an sih lu..
Rijal: hahaha..
Dia itu menurut gue..
Orangnya baik, tapi soal kek gituan dia kayaknya blum maulah..
Bnyk yg udh cobak ngincar dia tapi hasilnya gatot(gagal total)
Jd gue saranin lu tu buang ajalah harapan lu untuk mendapatkan dia..
Ane: gue emang blum gerti itu alias masih awam..
Tapi gue jugak gak mau jadikan itu sebagai pehalang persahabatan gue karna dia membenci gue..
Rijal: baguslah kalo gitu,
Jgn lu buat dia jd musuh lu..
Bel masuk pun berbunyi.
Pelajaran pertama pun dimulai..
Pelajaran pertama adalah Biologi, ini pelajaran kesekuan ane..
Ane pun memperhatikan pelajaran yg diterangkan.
Ndk terasa bel istirahat berbunyi seperti biasa orang2 berlari ke kantin...
Ane seperti biasa hanya duduk di kelas tanpa ke kantin, sambil memainkan smartphone android ane hehehehe :D * emmm sombong*
Nabilah: fan kekantin yuk..?
Ane: aaa'aku lg kenyang..
Nabilah: temani aku makan aja...!
Ane: mmmm gimana yah.!
Nabilah: plisss temani aku, yg lain ndk ada*dgn raut wajah meminta pertolongan*
Ane: iya deh..
Ini karna kamu aja, aku mau..!hehehehe
Nabilah: makasih (sambil memaparkan seyumannya yg cantik)
Tangan ane pun ditariknya sampai ke kantin, tanpa melepaskan genggaman tangannya.
Sesampai dikantin dia memesan makan dan minuman untuk ia makan sendiri *berharap untuk ditraktir*
Kami pun mencari tmpat duduk yg kosong untuk berdua, sambil dia makan ane pun sedikit berbincang tentang dia pengen tau aja*anak KEPO*
Bel masuk pun berbunyi ane dan nabilah pun segera kembali kekelas,.
Sama seperti tadi tangan ane pun ditariknya ke kelas dgn maksudnya apa ane pun bingung...
Pelajaran dimulai kembali..
Sambil mencatat ane juga menggambar, sesaat ane bingung mau gambar apa,tapi dibenang ane terlintas satu gambar yaitu wajah nabilah dgn seyumannya yg sangat indah ane pun segera menggambar wajah nabilah sesaat ane melihat wajah nabilah yg serius dgn pelajaran yg diterangkan...
Ane tertegun akan wajahnya itu..(orang biasanya tertegun karna seriusnya ini lain...)
Bel pulang berbunyi ane memberaskan buku2 dan segera pulang..
Tapi ane teringat kalo nabilah kemaren pulang sendiri ane pun memberanikan diri untuk menanyakkan pulang bersama dgn dia...
Dgn badan yg sudah berkeringat dingin...
Ane: emm nabilah kamu mau gak pulang sama aku lg..?*tangan udh dingin seperti batu es*
Nabilah: emangnya kamu ndk pulang dgn yg lainnya?
Ane: ngak kok..
Nabilah: yah boleh deh..
Ane: "yesss asik pulang dgn nabilah lagi"kata ane dalam batin kegirangan..
Ane dan nabilah pun pulang bersama..
Ane terpikir saat membawa motor ingin menanyakkan no hp dia...
Dgn tubuh yg sudah gemeteran ane beranikan diri untuk menanyakkannya.
Ane: na,nabilah boleh gak aku mintak no.hp kamu..?
Nabilah: emangnya buat apa..?
Ane: buat nanyak kalo ada pr yg gak ngerti..
Ane pun sampai dirumahnya nabilah dia pun turun dari motor.
Nabilah: iya deh, ini untuk kamu udh menemani aku makan dikantin tadi..
Ane pun segera menggeluarkan hp ane dan dgn cepat mencatat no. Hp dia..
Ane: makasih yah nabilah, aku pulang dulu yah. Sampai jumpa bsok
Nabilah: iyaaa
Ane pun pulang dgn perasaan yg berbunga-bunga..
Sesampai dirumah ane pun menghempaskan badan nih ke kasur"ahhhh akhirnya dapat jugak no.nya, perasaanku sangat senang..
Nabilah tu udh cantik baik lg.. "ujar ane dalam batin..
Sesaat ane mengilusikan dia. Ane ndk tau kalo perasaan apa yg buat ane seperti ini terasa ada perasaan yg sangat senang dan ada yg susah untuk dikatakan..
Sudah sebulan lebih ane duduk bersama dia,cerita bersama,belajar bersama,makan bareng dikantin, dan pulang bersama tiap harinya....
Itu membuat ane jd lebih dekat dgn nabilah dan lebih jauh menggenal dia dr apa yg telah ane lakukan bersama setiap harinya dan berbagi cerita senang maupun duka, dia pun juga lebih suka curhat dgn gue daripada kawannya yg biasa...
Sesekali ane ajak dia jalan sesudah sepulang sekolah untuk menyegarkan diri dari kehidupan yg membelenggu dia di sekolah.
Pada hari minggu pagi ane sms dia....
Ane: nabilah nantik jam 10 kamu ada acara ndk..?
Sesaat hp ane pun berdering, rupanya balasan dari nabilah...
Nabilah: gak ada,emangnya ada apa..?
Ane pun dgn cpat membalasnya..
Ane: kamu mau gak temenin aku ke taman..?
Nabilah pun membalasnya
Nabilah: boleh jugak tu, sekalian aku mau baca buku jugak...!
Ane membalasnya..
Ane: aku jmput kerumah yah..
Nabilah: aku tunggu yah..!:)
Ane pun segera mandi dan sarapan...
Sambil menunggu ane mempersiapkan peralatan gambar ane untuk menggambar nantik..
Jam pun sudah menunjukkan pukul 09:25 WIB. Dengan badan yg harum*padahal parhumnya ambil punya bokap tu* dan penampilan yg ganteng hehehehehe :D
Ane pun segera berangkat menuju ke rumah nabilah dgn perasaan yg gugup tentunya....
Sesampai dirumahnya ane mengetok pintunya...
Tok...tok...tok...
Nabilah........!
Seseorang membukakan pintu, rupanya itu mamanya nabilah.
Mama nabilah:ada apa yah..!
Temannya nabilah..?
Ane:iya tante, saya temannya nabilah..
Nabilahnya ada tante?
Mama nabilah:ada..
Nama adek siapa yah..?
Ane: irfan tante..
Mama nabilah: oooohh irfan, nabilah sering cerita loh..
Ane: masak iya tante?
Mama nabilah: iya, dia sendiri yg cerita kalo kamu pandai menggambar..
Ane: engak jugak do tante, hanya hobi aja hehehe
Mama nabilah: tunggu yah tante panggilkan nabilahnya...
Ndk lama menunggu datanglah seseorang yg sangat ku kenal menghampiri ane dgn cantiknya dia berjalan..
Nabilah: ayok pergi...
Ane: *bengong sementara karna melihat bidadari*
Ehmm iya*menarik ilernya yg jatuh*, ayok pergi..
Pergi dulu yah tante..
Ane pun pergi ke taman bersama nabilah, karna letaknya ndk jauh dari komplek perumahan nabilah dan ane pun sampai jugak di taman...
Ane mencari parkiran yg bagus untuk meletakkan motor..
Ane dan nabilah berkeliling di taman untuk mencari tempat yg pas, seperti biasa nabilah mengenggam tangan ane tanpa maksud yg tidak ane tau... beberapa menit berjalan ane pun mendapat tempat yg bagus..
Ane dan nabilah pun duduk. nabilah membaca buku dan ane mengeluarkan peralatan gambar ane..
Ane: nabilah boleh gak aku melukis kamu...?
Nabilah: untuk apa kamu melukis aku..?kan ada pemandangan taman yg indah..
Ane: kalo taman dah sering aku lukis...
Tapi, kalo kamu tu berbeda dr apa yg aku lukis biasanya..
Nabilah: maksud kamu apaan sih..?aku jd bingung
Ane: maksud aku tu...
Pemandangan yg bagus dan indah itu adalah kamu, aku mau mengabadikan moment ini dalam goresan perlahan-lahan yg aku buat dalam sebuah kanvas putih..
Coretan yg di ambil dari pemandangan yg aku lihat sekarang ini.
Nabilah: yah seterah kamu aja lah tapi aku ndk mau berpose yg macam2...
Ane: posisi yg paling bagus adalah saat kamu tersenyum kepada aku..
Aku sering melihat kamu, saat kamu memberikan senyumanmu..
Kamu ingat gak pertama kali kita bertemu..?
Nabilah: waktu kamu ke taman..
Ane: iyahhh,.. Ini lah tmpat dimana pertama kali kita berjumpa..
Kamu yg baru kenal ke aku gara2 coretan itu...
Dan saat kamu pergi kamu memberikan seyuman itu ke aku...
Aku mau menjadikan itu memjadi karya yg tak ternilai di hidupku, mungkin ini lah karyaku yg paling berharga dr apa yg aku buat selama ini...
Jd kumohon tolong biarkan aku melukis seyumanmu dalam gambarku..
Nabilah: aku mau kamu melukisnya dgn sesuka hati kamu...(dgn seyum dia berkata seperti itu)
Ane sesaat terdiam akan apa yg dia bilang...
Ane gak percaya akan hal itu..
Ane langsung melukis dia..
Sepatah kata pun ndk ada yg keluar dari mulut kami...
Angin bertiup kencang daun perpohonan pun jatuh satu demi satu..
Waktu beralalu dgn sendirinya langit yg beralaskan awan putih yg bergerak perlahan kearah angin bertiup...
Kami pun blum ada menyelesaikan kegiatannya..
Ane masih terpikir akan omongannya si rijal....
Apakah sekarang waktunya ane mengatakan perasaan ane selama ini..
Berpikir sejenak akan hal yg membuat ane tidak fokus dgn lukisan ane...
Melihat nabilah yg diam tanpa kata yg sedang membaca novel sambil mendegarkan musik kesukannya lewat hp..
Ane merasakan perasaan yg bergejolak yg timbul dari batin ane...
Ane pun hampir selesai membuat lukisan itu...
"Apakah ini saatnya..?apakah hari ini..?"ungkapan ane dalam batin..
Ane pun membuat sesuatu digambar itu...
Sebuah kata yg membuat perasaan menjadi berubah saat membacanya...
Kata2 yg bisa menjadi racun dalam hati ato madu yg manis dalam hati....
*******

"apakah sebuah kata ini akan meluluhkan hatinya,
Dapatkah dia menjadi bunga di hatiku"kataku dalam batin
Jantung ane berdebar saat akan menyelesaikannya,
Tiap detik bertambah jantung ane seakan mau meledak....
Akhirnya ane menyelesaikan lukisan itu..
Ane: na,nabilah aku udah selesai..
Mau melihatnya gak..?
*keringat pun jatuh perlahan-lahan dari seluruh tubuh*
Nabilah: yah , aku mau melihatnya,...
Sini lukisannya...
Ane memberikan lukisan itu dgn menutup mata seolah-olah ane tak kuat apa yg akan dikatakannya..
Nabilah menggambilnya dan melihatnya...
Sesaat seyumannya menghilang..
Dan semuanya terasa sunyi..
Seperti waktu berhenti sejenak.
Ane: ada apa nabilah kok ndk ada komennya..?komen dong!!
Nabilah: *diam tanpa kata sedikit pun*
Ane: kenapa nabilah, emangnya jelek..
Maaf kalo gambarnya jelek..
Nabilah: bukannya jelek tapi, kata2 yg ada di lukisan itu..
Ane: emangnya kenapa.?
Deg degan akan apa yg akan di jawab nabilah karna hal itu...
Nabilah: ini apa maksudnya..?
Ane: kata2 itu adalah sebuah fakta dalam hati aku...
Aku menyampaikannya lewat coretan lukisan itu..
"you my first love"
Kamu yg pertama dalam hatiku semenjak kita bertemu pertama kali disini...
Nabilah: ......*senyap*
Ane: aku memang menyukai mu...
Apa yg kamu berikan kepada aku itu sangat mengetarkan jiwaku..
Senyummu itu yg membuat aku seperti ini..
Kalo pun aku salah akan hal ini, plissss jgn buat persahabatan kita putus..
Aku hanya ingin mengungkapkan apa yg ada di hatiku selama ini..
Apakah itu salah?
Nabilah: bukan salah ato pun benar tapi hanya itu membuatku...
*nabilah menggeluarkan air matanya satu demi satu tetes*
Aku hanya berfikir kenapa kamu melakukan ini..?
Ane: seyumanmulah yg membuat aku melakukan ini..
Jgn hilangkan seyumanmu dari hatiku ini..
Aku mau bertanya satu hal sama kamu, kenapa kamu sering menggenggam erat tanganku..?
Nabilah: aku hanya ingin hati tidak lari dari kamu..
Ane: trus...
Nabilah: setiap aku bersamamu hatiku terasa berbeda...
Aku terharu akan katamu itu...
Semenjak kita bersama aku mulai menyukaimu..
Kamu tu orangnya berbeda dgn yg lain....
Ane: aku pun sama seperti kamu....
Jd tolong jgn jauh dari hari-hariku bersamamu..
Nabilah: kamu jgn pernah meninggalkan aku..
Ane: aku tak akan meninggalkan kamu...
Nabilah pun memeluk ane dgn air mata yg berjatuhan dan membasahi bumi ini...
Angin membuat pohon2 di sekitar kami, menjatuhkan daun keringnya...
Hari2 ku pun terasa berbeda dgn yg biasa kami jalankan...
Kami sering melakukan hal2 berdua...
Ane sering mengajak dia ketaman itu untuk mengingat masa lalu yg kami jalani dulunya...
Kami pun sudah beranjak dewasa..
Ndk terasa hari2 yg kami jalani sudah sampai di kelas dua..
Ane berbeda kelas dgn dia..
*********
(BERSAMBUNG)

Tito Andra Selviro


0 comments:

Poskan Komentar