Jumat, 24 Mei 2013

Panda yang Special

itu, giliran dia yang memperkenalkan diri. Dia berbicara seperlunya saja. Aku tahu namanya Sonya Pandharmawan.

Kemudian dia duduk dibangku kosong no 1 dari depan pojok kiri dekat dengan meja guru. Sedangkan aku berada 3 bangku dibelakang tempat duduk Sonya.

Pelajaran pun dilanjutkan. Karena tadi sempat terhambat kedatangan murid baru. Bu Guru memberi pertanyaan. Ternyata ank baru itu langsung mengangkat tangannya. Dan menjawab pertanyaan dengan benar.

"Wah, hebat juga anak ini. Baru pertama masuk sekolah baru udah berani ngejawab."batinku

Karena biasanya teman-teman pada kaga mau kalu ngejawab lisan gini. Biasanya sih aku yang  menjawab. Bukannya sombong, temanku juga bilang kalu aku jago B. Indonesia. Padahal gak juga, malah ada yang lebih jago.

Aku merasa tersaingi dengan adanya Sonya. Aku dan Sonya bergantian menjawab. Berebut menjawab juga dengan anak lain. Walu lebih sering Aku dengan Sonya.

"Kriiiiing"  bel istirahat berbunyi. Semua anak pada keluar untuk istirahat. Begitu pula dengan Gurunya. Tapi aku hari ini lagi males ke kantin. Jadi aku putuskan untuk tetap di kelas aja.
Eh, ternyata ada juga yang masih di kelas.

"Eh, lu nggak ke kantin??? " tanyaku pada Sonya

"Nggak ah." jawabnya singkat

"Iksan..." kataku sambil mengulurkan tangan.

"Sonya." balasnya singkat.

Dia langsung kembali keposisi semula. Membaca buku lagi.

"Wah, resek juga anak ini." batinku

Sombong sekali, nyuekin aku. Tapi tak apalah, namanya juga anak baru. Aku melihat keluar sebentar. Ngambil udara segar sambil liat susana. Kemudain Aku balik ke kelas. Aku liat dia lagi makan snack.

“Wah, enaaak tuh.” Godaku

“Emang.” Jawabnya singkat

“Bagi donk !!” pintaku

“Beli aja ndiri !!!” jawabnya

“Dasar pelit.” Balasku

“Biarin...” katanya

“Kalau bukan cewek udah.....” kataku kesal

“Udah apa ?? “ katanya agak melotot

“Ih, menakutkan.” Godaku

“Biarin...” lagi-lagi kata itu

Bel masuk berbunyi. Semua pada masuk kelas masing-masing. Begitu pual teman-temanku yang dibelakangnya udah ada guru yang sangat disiplin. Pelajaran pun dilanjutkan seperti biasanya. Hanyaa saja ditambah murid baru.

Aku masih mikirin cewek resek itu. Tapi seru juga kalau ada cewek yang berbeda dari yang lainnya. Biasanya pada malu-malu dan penakut. Ini malah kebalikannya. Yang paling unik darinya adalah cewek yang jarang makan di kantin tapi ngemil snack aja dikelas. Ku ketahui itu karena tiap hari aku liat dia pas makan snack.

Oh ya, aku sering sekali berantem sama si Sonya. Tapi berantem yang wajar-wajar aja. Aku sering sekali panggil dia dengan nama “Panda”. Karena badannya udah kaya panda. Mukanya juga mirip panda. Hahahahaha. Yang paling unik, dalam namanya juga ada nama pandanya. Sonya “Panda”rmawan.

Semakin hari aku semakin akrab aja dengan Sonya. Sonya sendiri juga punya temen dekat namanya Jeje teman sebangkunya. Walau masih sering berantem tapi lama kelamaan malah ada rasa gimana gitu. Aku mulai merasa nyaman berada di dekatnya.

Hari demi hari kita lewati. Sampai suatu hari kami jalan berdua saja ke Kebun Binatang liat buah-buahan yang segar. Hahahah just kidd liat bianatang lah. Aku ingat waktu itu tanggal 5 November 2010. Kami melihat hewan dari yang buas sampai inak dari yang paling besar sampai yang paling kecil seperti semut. Itu mah, hampir di semua tempat ada.

Aku sudah lama mempunyai rasa ke Sonya. Hari itu sebenarnya ingin mengungkapkan persaaanku. Namun kurasa masih kurang tepat. Masih bisa esok hari aja. Lagian baru pertama kali jalan ama cewek cui...

Tapi ternyata aku salah besar. Sehari setelah aku jalan ama Sonya, ada kabar tidak mengenakkan. Orang tuaku ngasih tahu kalau lusa kita harus segera pindah ke Malang. Karena harus pindah kerja beserta rumah. Otomatis akan pindah selama orang tua masih kerja disana. Aku kaget sekali mendengar hal itu.

Padahal baru kemarin bisa jalan dengan cewek. Malah mau ngutarakan cinta padanya. Aku benci sekali perpisahan. Disaat ada yang mengisi ruang dihatiku. Malah ada cobaan yang datang. Aku takut Sonya sedih mendengar kabar ini. Jadi aku merahasiakan hal ini.

Dua hari terakhir aku dengan Sonya sangatlah membahagiakan. Kami isi dengan jalan bareng, makan bareng, nonton bareng, sampai mandi bareng. Eh maaf sob, yang terakhir hanya bercanda.

Sebelum aku pergi, aku sempatkan untuk membeli sebuah boneka Panda  untuk Sonya sebagai kenang-kenagan. Tapi aku tidak memberikannya langsung pada Sonya. Aku titipkan pada temen deketnya si Jeje. Aku ceritakan semuanya pada Jeje agar dia bisa memberitahu jiak menanyakan aku.

Hari itu 9 November 2010 aku harus tinggalkan kota itu. Kota dimana aku bertemu dengan Sonya. Banyak kenangan dengan Sonya dan teman-temanku. Aku berharap agar “Panda” panggilan yang kuberikan untuk Sonya tidak terlalu sedih. Walaupun memang hari itu aku juga sedih karena harus berpisah dengan Panda.

Kehidupan baru aku lalui tanpa Panda. Entah dia masih ingat aku atau sudah melupakanku. Tapi aku tak akan pernah bisa melupakan dia sampai kapanpun.

Sampai suatu hari aku melihat ada penyanyi cewek-cewek seperti girlband tapi banyak sekali. Namun bedanya ini seperti berbau-bau Jepang. Kukira itu girlband kok banyak amat. Tapi ternyata beda dari girlband. Namanya JKT48 dan itu merupakan Idol Grup. Aku tidak mengerti apa maksunya.

Yang membuatku tertarik melihat itu adalah sosok wanita yang sepertinya tak asing. Setelah kuperhatikan mirip sekali dengan Sonya. Tapi itu tidak mungkin karena Sonya gak pernah cerita kalau dia suka nyanyi apalagi ngedance. Tapi disitu tertulis dengan jelas namanya Sonya Pandharmawan. Aku mencubit pipiku.”Sakiiit” ternyata bukan mimpi.

Aku mencoba mencari info tentang salah satu member yang namanya Sonya. Ternyata, dia dipanggil teman-temannya dengan namanya “Panda”. Itu kan nama yang aku berikan sama si tukang makan snack itu. Itu aku tau dari jejaring sosial. Bahkan dalam keterangannya dia pernah main di salah satu acara televisi. Aku belum pernah melihat.

Perasaan bangga ada pada diriku saat itu. Karena ternyata orang yang mengisi ruang dihatiku telah sukses. Ap mungkin itu cita-citanya. Selamat ya Sonya. Namun dibalik itu aku sedih sekali karena baru tahu kabar itu. Dan tidak pernah tau kabar Sonya selama ini.

“Tapi, apa dia masih ingat aku???” pikirku

Aku sering membuka twitter. Disana aku juga sering melihat info dan perkembang Sonya. Kadang aku bertanya, namun tidak pernah dibalas sekalipun. Mungkin dia tidak tau kalau itu dari aku. Karena banyak juga sepertinya yang mengirim pertanyaan-pertanyaan ke twitter Panda. Gak mungkin kan dilihat satu per satu.

Aku iseng melihat koleksi foto Sonya. Ternyata disana ada foto Sonya waktu kecil. Ada juga waktu SMP. Dan yang paling membuatku merasa senang, ada foto dia bersama boneka panda yang aku berikan padanya untuk kenang-kenangan. Tambah cantik juga nih si Panda. Semoga dia memang masih ingat aku dan tidak sombong nan cuek kaya dulu lagi.

Aku ingin sekali bertemu dengannya. Tapi itu sepertinya sudah tidak mungkin. Dibalik kesibukanku yang tak berhenti-berhenti. Aku juga belum mengenal luar kota.Lagipula jarak Malng-Jakarta kan jauh. Dan sepertinya ada peraturan juga kalau tidak boleh berhubunbgan dengan sembarang orang. Apalagi pacaran.

Waktu itu aku iseng-iseng buka facebook. Ada yang bilang kalau JKT48 akan perform di Ultah Kota Wisata Batu, Malang. Aku nggak percaya akan hal itu. Karena memang mustahil. Tapi ternyata aku salah, aku melihat dari official juga mengatakan kalu JKT48 balkalan perform di Malang dan itu adalah lusa tanggal 10 November 2012.Karena aku melihatnya sudah agak lama.

Aku seneng banget waktu itu. Akhirnya aku bisa bertemu kembali dengan oarng yang mengisi ruang hatiku. Dan hari ini 9 November 2012 tepat dua tahun aku berpisah dengan Sonya. Aku ingin memberikan gift layaknya fans Sonya. Aku sudah membeli boneka dua boneka Panda yang bertulisakan Sonya dan Iksan.

Dan besok akan kukasihkan langsung dan akan kuajak dia berbicara sebentar, mungkin akan aku mintai no yang bisa dihubungi, karena aku tidak akan melewatkan hal itu. Sudah dua tahun lamanya aku tidak dapat kabar tentang dia. Mungkin dia juga sebaliknya.

Harapanku pupus ketika melihat kembali info dari official. Ternyata Sonya tidak hadir saat perform besok. Dadaku terasa sesak seakan tidak bisa bernafas. Tanpa aku sadari aku meneteskan air mata. Aku memandangi gift yang sudah aku siapkan untuk besok. Kenapa tidak sesuai harapan?????

Rasanya ingin aku robek-robek bingkisan yang aku buat rapi itu. Dan membuang boneka panda itu. Namun aku seperti ada yang mengingatkan. Masih ada harapn unutuk semua itu. Aku menulis surat dan aku masukkan di bingkisan itu. Tidak lupa aku masukkan alamat lengakap, telepon dan semuanya. Aku akan berikan gift tersebut pada member yang datang. Aku akan titipkan pada mereka.

Semoga gift itu sampai pada tanganmu. Dan kamu bisa melihat dan membaca isi surat yang ada didalamnya. Serta masih ingat aku dan tidak akan melupakan aku untuk selama-lamanya.
“Panda yang Special” dihatiku.
Aku menunggu balasan darimu. Besok adalah saat-saaat yang menentukan. Semoga besok tidak ada halangan.
Amin

Iksan Kurniwan
@nustqiew

0 comments:

Poskan Komentar